Cara Mudah Lovebird Kawin dengan Cara Ternak Lovebird yang Baik dan Simple





Cara Mudah Lovebird Kawin dengan Cara Ternak Lovebird yang Baik dan Simple~carabudidayaada.blogspot.co.id
Lovebird adalah burung yang terkenal dengan keindahan warna bulu, betuk dan suaranya. Namun sebelum saya ulas lebih lanjut perlu kita bahas dulu tentang istilah cara ternak Lovebird. Kebanyakan orang menggunaka cara beternak Lovebird yang baik atau cara ternak Lovebird. Namun menurut saya istilah cara ternak Lovebird ini kurang pas, tetapi yang pas adalah cara budidaya Lovebird. Apabila saya salah tentang istilah ini monggo silahkan diluruskan.




Baca juga: Langkah awal beternak Lovebird dengan sepasang induk saja
Namun karena yang lebih umum digunakan oleh para ahli burung adalah beternak Lovebird atau ternak Lovebird, maka sekarang saya pakai dulu istilah itu. Daripada saya salah kaprah. Hehe
Jika Lovebird dipelihara dengan tujuan untuk ternak atau budidaya, maka hal yang paling penting adalah proses reproduksi dari si ternak Lovebird. Semakin lancar proses reproduksi Lovebird maka cash flow akan menjadi lancar pula.

Namun sayangnya masih banyak yang kesulitan cara membuat kawin Lovebird, bertelur dan kemudian cara menetaskan telur Lovebird. Padahal di alam, Lovebird sangat mudah untuk bereproduksi. Jadi apa saja cara beternak Lovebird yang baik agar Lovebird kawin? Berikut ini saya coba paparkan hasil baca baca saya di beberapa literatur.

Contoh cara merawat Lovebird yang baik agar cepat bertelur

1. Pastikan Ternak Lovebird sudah dewasa


Cara menernak Lovebird yang pertama adalah memastikan indukan Lovebird sudah dewasa kelamin dan dewasa tubuh. Karena jika sudah dewasa maka love bird indukan siap untuk kawin. Pada saat dewasa, sel telur indukan Lovebird betina sudah siap untuk dibuahi dan sperma pejantan sudah berkualitas. Jenis Lovebird yang bagus juga perlu dipertimbangkan agar anaknya cukup memiliki nilai ekonomis.

petopeti.com

2. Makanan Lovebird agar cepat bertelur


Cara beternak Lovebird yang baik selanjutnya adalah dengan memerhatikan kualitas makanan Lovebird. Makanan untuk Lovebird harus berkualitas tinggi dan mengandung vitamin mineral yang lengkap. Manakan Lovebird jangan mengandung terlalu banyak lemak karena akan menyebabkan Lovebird gemuk dan Lovebird tidak mau bertelur.

 3. Kandang ternak Lovebird


Kandang ternak Lovebird harus sesuai untuk budidaya Lovebird. Kandang ternak Lovebird harus dilengkapi sangkar yang berukuran cukup luas, jangan terlalu kecil. Kandang kotak Lovebird harus muat untuk setidaknya dua ekor Lovebird dan mampu menampung anaknya nanti. Sangkar kotak Lovebird harus dilengkapi dengan serutan kayu untuk alas, meskipun Lovebird akan mengaturnya sendiri.

4. Lampu harus diatur agar Lovebird cepat bertelur


Lampu yang dipasang di kandang Lovebird harus disesuaikan dengan kondisi cahaya matahari. Spektrumnya harus dipilih yang pas sebagai salah satu cara beternak Lovebird yang baik. Karena salah satu faktor yang memengaruhi ovulasi sel telur pada unggas adalah cahaya yang masuk ke mata.

5. Menempatkan indukan Lovebird saling berdekatan


Cara beternak Lovebird yang terakhir adalah dengan menempatkan indukan pada kandang yang berdekatan. Kabarnya, indukan yang akan bertelur mengeluarkan suara yang khas. Suara Lovebird ini yang nantinya akan memancing  indukan Lovebird lain agar segera bertelur.

Share on Google Plus

About Tris

Seorang Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis.

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete